• Posted by : syarifah.389 Kamis, 03 Desember 2015

    Nama ilmiah : Bougainvillea glabra Choisy
    Nama daerah : Kembang kertas 
    Nama asing : Bougainville flower (Inggris), ye zi hua (Cina).
    Tanaman bugenvil merupakan pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang. Dengan bunganya yang beraneka warna, tanaman ini umum dijumpai dan sangat populer menghiasi pekarangan rumah.
    Selain dikenal karena keindahan bunganya, tanaman hias asal Amerika Selatan ini ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain bisul, hepatitis, biang keringat dan keputihan.
    Kandungan Kimia
    Kembang kertas atau bougainville atau bugenfil mempunyai rasa pahit, kelat, dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bugenfil di antaranya betanidin, isobetanidin, 6-o-P-saphoroside, dan 6-o-rhamnosysophoroside.
    Efek Farmakologis
    Efek farmakologis bugenfil di antaranya melancarkan peredaran darah.
    Perbanyakan dan Perawatan
    Perbanyakan tumbuhan bugenfil dapat dilakukan dengan setek batang, cangkok, okulasi, atau bi
    Manfaat bunga bugenvil ternyata menyimpan berbagai khasiat lho bagi kesehatan. Bugenvil atau nama ilmiahnya Bougainvillea adalah tanaman yang popular sebagai tanaman hias, karena kecantikan warna bunganya yang mencolok dan bervariasi.

    Tanaman ini asalnya dari Amerika bagian selatan dan sekarang sudah banyak kita temukan di pekarangan rumah. Bentuknya yang sulit tumbuh tegak dan memiliki kebiasaan menggugurkan beberapa bunganya saat akan berbunga. Kenyataannya bunga bugenvil itu sendiri berukuran kecil dan berada di tengah, karena adanya seludang atau daun yang tipis mirip dengan kertas warna warni saat kita memegangnya yang menyelubunginya, sehingga tanaman ini tampak besar. Maka dari itu bunga bugenvil disebut juga dengan bunga kertas.

    Nama bugenvil sendiri diambil dari seorang prajurit AL negara prancis yang bernama Sir Louis Antoine Bougainville. Bunga kertas ini selain sebagai tanaman hias, ternyata memiliki kandungan polifenol dan saponin yang terdapat pada batang, daun dan bunganya berguna sebagai obat.
    Manfaat Bunga Bugenvil
     
     
    Bagian Tumbuhan Yang Digunakan
    Bunga dan batang bugenfil dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:
    Cara cara mengobatinya:
    1.Bisul
    Cuci bersih bunga bugenfil dan daun cocor bebek (Kalanchoe pillnata {Lam.}Pers.) secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul peed’. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.
    2. Biang keringat dan gatal-gatal (pruritis)
    Cuci bersih bunga bugenfil, daun sirih (Piper betle L.), dan daun lidah buaya (Aloe uera) yang sudah dikupas, masing-masing secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan bagian yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.
    3. Hepatitis
    Cuci 15 g batang bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.
    4. Haid tidak teratur
    Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil dan 15 g umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 1 gelas sehari.
    5. Keputihan (leucorrhea) dan nyeri haid (dysmenorrhea)
    Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.
    6. Sakit waktu haid dan darah haid menggumpal
    Cuci bersih 15 g bunga bugenfil, 15 g bunga mawar, dan 70 g daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
    7. Terlambal haid
    Cuci sampai bersih 15 g bunga bugenfil, 15 g temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), dan 90 g daun lidah buaya (Aloe vera) yang telah dikupas. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - I Like This

    I Like This - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan